Lastest News
Logo BUMN Baik

Tarif Listrik Kita Murah
Thursday, 23 August 2018

Tarif Listrik Kita Murah

Ada hoax beredar yang didasari oleh sebuah artikel terbitan 2015 dari media tidak jelas. Isinya adalah informasi rancu mengenai tarif listrik. Berita pada artikel tersebut menunjukan bahwa tarif listrik di Indonesia termasuk mahal di dunia.

Tentu saja berita seperti itu ditulis begitu saja tanpa perbandingan. Mahal dibanding negara mana? Jika mahal, berapa perbedaanya. 

Sebetulnya jika mau jujur, tarif listrik kita justru jauh lebih murah. Coba saja lihat data di Kementrian ESDM. Disana terpampang jelas tarif listrik kita.

Tarif dasar listrik (TDL) untuk golongan rumah tangga di Indonesia harganya sebesar US$ 11,03 sen per kilo Watt hour (kWh). Angka tersebut jauh lebih murah jika dibandingkan dengan negara tetangga. Seperti Filipina yang sebesar US$15.36 sen per kWh, Singapura US$15,99 sen per kWh, dan Thailand sebesar US$12,04 sen per kWh.

Ini belum termasuk subsidi yang diberikan pemerintah kepada pengguna miskin, dengan besaran 450 kwh, dengan tarif yang jauh lebih murah dibanding angka normal.

Untuk pelanggan bisnis menengah, tarif listrik di Indonesia adalah US$11,03 sen per kWh. Coba saja dilihat  Malaysia dan Vietnam. Malaysia menetapkan tarif listrik untuk bisnis skala kecil  lebih sebesar US$ 11,90 sen per kWh. Sedangkan Vietnam  US$ 11,35 sen per kWh. Tarif listrik untuk pengusaha kecil di Singapura besarannya sama seperti di Vietnam.

Demikian juga untuk pelanggan bisnis besar. Pada periode tarif Agustus 2017, tarif di Indonesia adalah US$ 8,38 sen per kWh. Adapun di negara lain lebih tinggi, yaitu Malaysia US$ 8,41 sent per kWh, Thailand US$ 8,81 sen per kWh, Singapura US$ 11,11sen per kWh, FilipinaUS$ 9,05 sen per kWh, dan Vietnam US$10,95 sen per kWh.

Artinya tarif listrik di Indonesia sebetulnya jauh lebih murah dibanding negara tetangga. Rakyat Indonesia membayar lebih sedikit dibanding rakyat negara lain.

Tapi kenapa banyak berita hoax yang mengatakan tarif kita mahal? 

Ingat ini tahun politik. Segala upaya diusahakan untuk menjatuhkan pemerintah. Soal harga-harga lain, misalnya. Dimainkan opini bahwa harga barang mahal. Padahal inflasi kita terkendali 3,4% setahun. Bandingkan periode sebelumnya dengan tingkat inflasi sampai 8%.

Artinya dengan inflasi serendah itu kenaikan harga-harga relatif sedikit. Sementara peningkatan pertumbuhan ekonomi jauh lebih tinggi dibanding inflasi.

Tetapi sekalagi lagi, ini tahun politik. Para penyebar hoax gak peduli informasi benar atau salah. Datanya ngaco atau baik. Kebenaran data gak penting. Yang lebih penting adalah pembentukan persepsi. Rakyat yang tidak terbiasa membaca data akan terpengaruh.

Inilah jaman poat truth, dimana kebenaran data tidak dipedulikan. Yang dibentuk hanya persepsi. Meskipun dilakukan dengan memanipulasi data.

NARASI TERPOPULER
BUMN Sediakan 400 Hunian Sementara Bagi Korban Gempa di Sigi
Jakarta,18 Oktober 2018 - Dalam rangka membantu menyediakan tempat tinggal sementara bagi para pengu...
18 Oct 2018
Mekar Tumbuh BUMN Tanpa Intervensi Politik
Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memegang dua peran penting pengelolaan tanggung jawab koo...
18 Oct 2018
...
18 Oct 2018
Kisah Sukses Pengrajin Songket Pandai Sikek
Bali, 14 Oktober 2018 --- Annual Meeting IMF – WB 2018 di Nusa Dua Bali, menjadi momen tepat u...
15 Oct 2018
Telkom Paparkan Strategi Indonesia Menuju Global Digital Hub di Indonesia Pavilion
Bali, 12 Oktober 2018 – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk memiliki peran penting dalam memasti...
13 Oct 2018
BUMN Raup Untung di Bali
Guys, tahu acara Annual Meeting IMF-World Bank (AM IMF WB) 2018 kan? Acara pertemuan tahunan yang be...
12 Oct 2018
Indonesia Pavilion Paparkan Peluang Investasi Infrastruktur Indonesia
Kementerian BUMN, melalui Indonesia Pavilion, memaparkan adanya peluang investasi senilai US$42,2 mi...
12 Oct 2018
DPR: Akses Keuangan Perbankan BUMN Sudah Berpihak ke Masyarakat Kita
Jakarta - Perbankan nasional yang berstatus Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menjadi faktor yang amat...
12 Oct 2018
Optimalkan IMF-WB Annual Meeting, Pembangunan Infrastruktur Mendapatkan Pembiayaan
Nusa Dua, 11 Oktober 2018 – Pertemuan IMF-world Bank di Bali memberikan kontribusi yang baik b...
12 Oct 2018
Pertamina Sesuaikan Harga BBM Non Subsidi
Jakarta, 10 Oktober 2018  – PT. Pertamina (Persero) menyesuaikan harga Bahan Bakar Minyak...
10 Oct 2018