Lastest News
Logo BUMN Baik

Cihuy, Hampir Semua Rakyat Jabar Menikmati Listrik
Friday, 31 August 2018

Cihuy, Hampir Semua Rakyat Jabar Menikmati Listrik

Sepuluh tahun lalu di wilayah Jabar hanya 65% warganya yang memiliki sambungan listrik. Sebagian besar memang belum tersambung, sebagian lainnya menumpang listrik dari tetangganya. Mereka menumpang karena tidak sanggup membayar biaya sambungan listrik.

Tapi cobalah lihat sekarang. Pada Agustus 2018, sudah 99,87% rumah di Jawa Barat tersambung listrik. Sebetulnya target yang dicanangkan 100%. Hanya saja sisa yang belum tersambung itu jaraknya agak terpencil. Atau rumah yang terpisah dari masyarakat umum. Kadang memang mendatanya tidak gampang.

Untuk menggenjot target besar itu, PLN bersama beberapa BUMN menggelar program sambungan listrik gratis untuk masyarakat. Program yang digelar itu mensasar 300 ribu rumah tangga tidak mampu. Dari jumlah itu, 75% sudah dialiri hanya saja masih meminjam sambungan dari tetangga. Sementara sisanya belum pernah disentuh listrik.

Pada tahap awal, sinergi BUMN ini memberikan sambungan listrik untuk 40.000 rumah tangga miskin yang tersebar di Jabar dan Banten. Untuk wilayah Jabar terdiri dari lima wilayah, yaitu Pangandaran, Tasikmalaya, Garut, Cianjur dan Sukabumi. Sedangkan untuk wilayah Banten tersebar di Serang, Lebak dan Pandeglang.

Jika penyambungan listrik dengan tarif resmi, biayanya Rp 1 juta lebih. Bagi masyarakat tidak mampu angka segitu bukannya sedikit. Nah, dengan menggandeng BUMN ini, PLN bisa memberikan sambungan gratis kepada masyarakat tidak mampu. Langkah ini diambil dari dana sponshorship BUMN yang bisa dimanfaatkan dengan cara lebih baik. Bukan sekadar menggelar program karikatif.

Program ini sendiri melibatkan 35 BUMN dengan PLN sebagai leadernya. Artinya biaya sambungan listrik yang harusnya dibayarkan masyarakat kini ditanggung BUMN. Jadi PLN sebagai pelaksana program juga tidak dirugikan.

Problem ketersambungan listrik ini memang menjadi target besar pemerintah. Pemerintah secara serius ingin meningkatkan rasio elektrifikasi atau ketersambungan listrik untuk masyarakat. Masalahnya lokasi masyarakat yang tinggal berjauhan menjadi kendala tersendiri.

Biaya PLN untuk menarik kabel tidak sedikit, padahal pemerintah membebankan kewajiban prusahaan Negara itu untuk terus menyambungkan listrik ke seluruh Indonesia. Selain sambungannya, pemerintah juga serius membangun berbagai pembangkit listrik sebagai sumber energi.

Pada kelompok masyarakat yang terjangkau, peran PLN untuk menyambungkan kabel sangat dibutuhkan. Bagaimana dengan masyarakat yang hidup di lokasi terpencil. Jika harus membangun instalasi, rasanya akan memakan biaya yang besar sekali.

Nah, disinilah pemerintah menebar dan membangun pembangkit listrik tenaga surya hemat energi. Masyarakat menerima bantuan tersebut secara gratis. Biasanya kelompok masyarakat yang tinggal di kepulauan yang menerima bantuan ini. Pemerintah membangun PLTSHE dengan panel yang cukup besar, dengan batere yang bisa menyimpan energy. Kemudian disalurkan ke rumah-rumah.

Sementara pengelolaanya diserahkan kepada masyarakat dan menjadi asset Pemda.  Dengan demikian masyarakat mendapatkan sambungan listrik dengan iuran sedanya.

Ini berbeda dengan kondisi masyarakat yang lebih pelosok lagi. Pemerintah menyiapkan panel surya kecil di setiap rumah. Dibagikan secara gratis. Sehingga setiap rumah sudah dapat diterangi dengan lampu. Semua itu untuk mengejar tingkat elektrifikasi.

NARASI TERPOPULER
BUMN Sediakan 400 Hunian Sementara Bagi Korban Gempa di Sigi
Jakarta,18 Oktober 2018 - Dalam rangka membantu menyediakan tempat tinggal sementara bagi para pengu...
18 Oct 2018
Mekar Tumbuh BUMN Tanpa Intervensi Politik
Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memegang dua peran penting pengelolaan tanggung jawab koo...
18 Oct 2018
...
18 Oct 2018
Kisah Sukses Pengrajin Songket Pandai Sikek
Bali, 14 Oktober 2018 --- Annual Meeting IMF – WB 2018 di Nusa Dua Bali, menjadi momen tepat u...
15 Oct 2018
Telkom Paparkan Strategi Indonesia Menuju Global Digital Hub di Indonesia Pavilion
Bali, 12 Oktober 2018 – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk memiliki peran penting dalam memasti...
13 Oct 2018
BUMN Raup Untung di Bali
Guys, tahu acara Annual Meeting IMF-World Bank (AM IMF WB) 2018 kan? Acara pertemuan tahunan yang be...
12 Oct 2018
Indonesia Pavilion Paparkan Peluang Investasi Infrastruktur Indonesia
Kementerian BUMN, melalui Indonesia Pavilion, memaparkan adanya peluang investasi senilai US$42,2 mi...
12 Oct 2018
DPR: Akses Keuangan Perbankan BUMN Sudah Berpihak ke Masyarakat Kita
Jakarta - Perbankan nasional yang berstatus Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menjadi faktor yang amat...
12 Oct 2018
Optimalkan IMF-WB Annual Meeting, Pembangunan Infrastruktur Mendapatkan Pembiayaan
Nusa Dua, 11 Oktober 2018 – Pertemuan IMF-world Bank di Bali memberikan kontribusi yang baik b...
12 Oct 2018
Pertamina Sesuaikan Harga BBM Non Subsidi
Jakarta, 10 Oktober 2018  – PT. Pertamina (Persero) menyesuaikan harga Bahan Bakar Minyak...
10 Oct 2018