Lastest News
Logo BUMN Baik

Bantu Korban Gempa NTB, BUMN Bersinergi Sediakan Logistik, Akses Transportasi Hingga Layanan Perbankan
Wednesday, 8 August 2018

Bantu Korban Gempa NTB, BUMN Bersinergi Sediakan Logistik, Akses Transportasi Hingga Layanan Perbankan

Jakarta - Bantuan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bagi korban gempa bumi di Nusa Tenggara Barat (NTB) masih terus bertambah. Hingga 1 Agustus 2018, total nilai bantuan yang digelontorkan 24 BUMN telah mencapai Rp 2,1 miliar.

“Ini merupakan komitmen perusahaan negara dalam menjalankan tanggung jawab sosial dan kepeduliannya kepada masyarakat. Khususnya masyarakat Lombok yang sedang tertimpa musibah,” kata Deputi Bidang Infrastruktur dan Bisnis Kementerian BUMN Hambra Samal.

Bentuk bantuan yang berikan pun beragam. Mulai dari bahan makanan pokok, tempat tidur lipat, alat sholat, selimut, obat-obatan, perlengkapan dan susu balita, air bersih, genset, dan fasilitas kesehatan lainnya. Seluruh bantuan tersebut disalurkan ke sejumlah kecamatan yang terdampak bencana gempa melalui sejumlah posko dan pejabat kecamatan.

“Bantuan ini diharapkan bisa sedikit meringankan beban saudara-saudara kita yang menjadi korban gempa bumi di Lombok,” ungkapnya.

Sebanyak 24 BUMN dimaksud yakni Perum Bulog, Pertamina, Jiwasraya,  Wijaya Karya, Bank Mandiri, BRI, BNI, ITDC, Jasa Raharja, Kimia Farma, Askrindo, PLN, Telkom, Jasindo, Taspen, Adhi Karya, Brantas Abipraya, Perum Damri, Pegadaian, RNI, Pelindo III, Garuda Indonesia, PT Perkebunan Nusantara III dan Pupuk Indonesia.

Tak hanya memberikan bantuan berupa kebutuhan pokok bagi para korban gempa, sejumlah BUMN yang bergerak di bidang usaha jasa transportasi pun turut aktif dalam memaksimalkan mobilitas masyarakat dan pengiriman logistik bantuan. 

Seperti yang dilakukan PT Pelni (Persero) misalnya. Perusahaan pelayaran ini menyiapkan kapal motor (KM) Egon sebagai sarana transportasi untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan dari Surabaya ke Lombok, NTB. Pengiriman bantuan dapat dilakukan secara langsung melalui Pelni Cabang Surabaya di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya tanpa dipungut biaya atau gratis. Kemudian Pelni juga turut menyiapkan dua kapal guna membantu evakuasi warga Lombok, Gili Terawangan ke Benoa, Bali. Dua kapal tersebut masing-masing KM Binaiya dan KM Tilongkabila.

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero)  juga mengerahkan dua armadanya, yakni KMP Portlink II dan KMP Madani untuk membantu proses evakuasi para korban terdampak gempa bumi yang berada di kawasan wisata Gili Trawangan. Selain bantuan dalam proses evakuasi, PT ASDP juga memfasilitasi penyeberangan kendaraan ambulance dan truk pengangkut bantuan makanan secara gratis, dari Jawa dan Bali yang akan menuju Lombok. 

Adapun maskapai penerbangan Garuda Indonesia yang menyiapkan tiga penerbangan ekstra Lombok -Denpasar dan sebaliknya demi memudahkan mobilitas masyarakat dan turis yang hendak mencari lokasi daerah yang relatif lebih aman. Garuda juga turut memberikan potongan tarif hingga 50 persen untuk pengiriman barang bantuan bencana alam di Lombok. 

Hal ini juga didukung oleh kesiagaan PT Angkasa Pura I (Persero) yang sejak Senin (6/8) hingga Kamis (9/8) mendatang mengoperasikan bandara Praya Lombok selama 24 jam nonstop demi memudahkan akses bantuan ke Lombok dan sekitarnya.

Lalu, PLN juga masih terus berupaya memulihkan listrik di seluruh daerah terdampak gempa. Listrik untuk fasilitas layanan publik seperti rumah sakit, tempat penampungan pengungsi, instalasi air bersih menjadi prioritas utama perseroan. 

Tak ketinggalan, Bank Mandiri pun telah menerjunkan lebih dari 100 relawan untuk mendukung penanganan bencana gempa di Nusa Tenggara Barat. Relawan yang terdiri dari pegawai Bank Mandiri di berbagai daerah itu membantu evakuasi dan penyiapan dapur umum di lokasi terdampak gempa.

Selain menerjunkan relawan, Bank Mandiri juga menyiapkan layanan perbankan bergerak (Mandiri Mobile) di wilayah Lombok, NTB. Layanan tersebut untuk membantu memudahkan kebutuhan transaksi keuangan di daerah yang terdampak gempa.

"Penyediaan sarana transportasi dan layanan perbankan tersebut merupakan bentuk kepedulian dan komitmen hadir untuk negeri dari BUMN kepada masyarakat NTB dan sekitarnya yang terkena musibah gempa bumi," ujar dia.

NARASI TERPOPULER
BUMN Sediakan 400 Hunian Sementara Bagi Korban Gempa di Sigi
Jakarta,18 Oktober 2018 - Dalam rangka membantu menyediakan tempat tinggal sementara bagi para pengu...
18 Oct 2018
Mekar Tumbuh BUMN Tanpa Intervensi Politik
Perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memegang dua peran penting pengelolaan tanggung jawab koo...
18 Oct 2018
...
18 Oct 2018
Kisah Sukses Pengrajin Songket Pandai Sikek
Bali, 14 Oktober 2018 --- Annual Meeting IMF – WB 2018 di Nusa Dua Bali, menjadi momen tepat u...
15 Oct 2018
Telkom Paparkan Strategi Indonesia Menuju Global Digital Hub di Indonesia Pavilion
Bali, 12 Oktober 2018 – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk memiliki peran penting dalam memasti...
13 Oct 2018
BUMN Raup Untung di Bali
Guys, tahu acara Annual Meeting IMF-World Bank (AM IMF WB) 2018 kan? Acara pertemuan tahunan yang be...
12 Oct 2018
Indonesia Pavilion Paparkan Peluang Investasi Infrastruktur Indonesia
Kementerian BUMN, melalui Indonesia Pavilion, memaparkan adanya peluang investasi senilai US$42,2 mi...
12 Oct 2018
DPR: Akses Keuangan Perbankan BUMN Sudah Berpihak ke Masyarakat Kita
Jakarta - Perbankan nasional yang berstatus Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menjadi faktor yang amat...
12 Oct 2018
Optimalkan IMF-WB Annual Meeting, Pembangunan Infrastruktur Mendapatkan Pembiayaan
Nusa Dua, 11 Oktober 2018 – Pertemuan IMF-world Bank di Bali memberikan kontribusi yang baik b...
12 Oct 2018
Pertamina Sesuaikan Harga BBM Non Subsidi
Jakarta, 10 Oktober 2018  – PT. Pertamina (Persero) menyesuaikan harga Bahan Bakar Minyak...
10 Oct 2018