Lastest News
Logo BUMN Baik

Pertamina Tambah 8 Titik Lagi BBM Satu Harga di Sumatera
Thursday, 18 October 2018

Pertamina Tambah 8 Titik Lagi BBM Satu Harga di Sumatera

PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region I menyatakan akan ada 18 titik layanan BBM satu harga pada tahun ini di lima provinsi di Sumatera.

"Kami berharap melalui program BBM satu harga, dapat membantu program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya yang tinggal di wilayah Terdepan, Terluar, Tertinggal (3T)," kata General Manager Pertamina MOR I, Joko Pitoyo dalam pernyataan pers kepada Antara, di Pekanbaru, Kamis.

Joko Pitoyo menjelaskan jumlah titik layanan BBM satu harga tersebut bertambah seiring waktu dari awalnya hanya 10 SPBU, dalam kurun waktu 10 bulan ditambah lagi hingga totalnya 18.

Dikatakan Joko ke delapan titik baru tersebut merupakan bagian dari program BBM satu harga yang menjadi target realisasi tahun 2018.

Ke delapan titik yang sudah mendapat izin operasi meliputi dua titik untuk Provinsi Aceh yaitu Kecamatan Rikit Gaib dan Kecamatan Terangun, yang berada di Kabupaten Gayo Lues.

Sedangkan untuk Provinsi Sumatera Barat meliputi dua titik SPBU yaitu di Desa Sikabaluan dan Desa Sioban, yang berada di Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Kemudian satu titik lagi terdapat di Provinsi Riau yaitu Kabupaten Pelalawan dan tiga titik SPBU di Provinsi Sumatera Utara yaitu Kecamatan Gido, Kecamatan Bawolato, dan Kecamatan Hibala Menurut dia pada tahun 2017, ada 10 titik BBM satu harga sudah terealisasi, tiga diantara lokasi terletak di wilayah Sumatera Utara yakni di Kecamatan Pulau Batu, Kecamatan Siberut Selatan, dan kecamatan Lahomi, satu lokasi terdapat di Kecamatan Sipora Utara, Provinsi Sumatera Barat, dan enam lokasi di Kepulauan Riau tepatnya di Kecamatan Bunguran Timur, Kecamatan Pulau Tiga, Kecamatan Jemaja, Kecamatan Tambelan, Kecamatan Pulau Laut, dan Kecamatan Serasan.

Ia menambahkan Pertamina MOR I terus berupaya untuk mengejar penyelesaian sisa delapan lokasi BBM satu harga yang direncanakan untuk beroperasi di akhir tahun 2018, yakni di Kabupaten Aceh Singkil, Kecamatan Lotu, Kecamatan Gida, Kecamatan Bawalato, Kecamatan Pulau-Pulau Batu Timur, Kecamatan Tanah Masa, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh, dan Kecamatan Sangir Balai Janggo.

"Seperti diketahui Pertamina menerima tugas dari Pemerintah untuk melaksanakan program BBM satu harga di wilayah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal)," tegasnya.

Sebelum adanya program BBM satu harga diketahui harga bahan bakar di wilayah tersebut tidak terkendali mencapai Rp25.000 per liter.

Joko Pitoyo berharap melalui program BBM satu harga dapat membantu masyarakat yang berada di lokasi 3T untuk menikmati bahan bakar dengan harga yang lebih terjangkau dan sama dengan saudaranya di daerah lain di luar Jawa.

Kebijakan ini diharapkan juga dapat membantu masyarakat dapat mengakselerasi pergerakan ekonomi setempat melalui akses mudah terhadap sumber energi.

"Kami mohon dukungan semua pihak, termasuk pemerintah daerah dan stakeholder terkait lainnya didaerah untuk kelancaran pelaksanaan program BBM satu harga sehingga keadilan energi dapat tercipta hingga ke pelosok negeri dengan lebih cepat," pungkasnya.

 

Sumber: https://bisnis.tempo.co/read/1137492/pertamina-tambah-8-titik-lagi-bbm-satu-harga-di-sumatera/full&view=ok

BERITA TERPOPULER
"BUMN Bersinergi" Bangun 1.300 Hunian Sementara di Lombok
"BUMN Bersinergi" telah berhasil membangun sekitar 1.300 hunian sementara (huntara) di sej...
23 Oct 2018
Tidak Ada Kebohongan dalam Divestasi Freeport
PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau Inalum menegaskan tidak ada kebohongan dalam divestasi ...
23 Oct 2018
Indonesia Akan Segera Memiliki Pabrik Ban Pesawat Pertama
PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk menggandeng BUMN asal China untuk mendirikan pabrik ban pesawat pe...
22 Oct 2018
Inalum-Freeport Segera Rampungkan Transaksi Divestasi
PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau Inalum menyatakan penentuan kursi manajemen o...
22 Oct 2018
BTN Ajak Generasi Milenial Jadi Pengusaha Properti
PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) mendorong generasi milenial untuk menjadi pengusaha...
22 Oct 2018
Strategi Garuda Indonesia Sejahterakan Karyawan
PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk beberapa waktu lalu sempat mendapat kecaman dari serikat-serikat k...
22 Oct 2018
BUMN dan UMKM dikerahkan percepat rekonstruksi Lombok
Pemerintah mengerahkan sejumlah BUMN dan berbagai usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk memp...
22 Oct 2018
AP II Gondol 3 Penghargaan pada Ajang Stevie Awards 2018
 PT Angkasa Pura II berhasil meraih tiga penghargaan pada ajang Stevie Awards 2018 yang merupak...
22 Oct 2018
BUMN Diklaim Kuasai 60 Persen Produksi Minyak Domestik
Pemerintah mengklaim telah berhasil mengalihkan hampir 60 persen produksi minyak domestik kepada PT&...
22 Oct 2018
BNI & Mandiri Gerak Cepat Bangun Hunian Sementara di Sigi
Pascagempa yang melanda sejumlah daerah di Sulawesi Tengah, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. ...
22 Oct 2018