Lastest News
Logo BUMN Baik

Hutama Karya Semangat Garap Tol Trans Sumatera
Tuesday, 16 October 2018

Hutama Karya Semangat Garap Tol Trans Sumatera

PT Hutama karya (Persero) baru saja mendapat kucuran dana sebesar Rp 31,5 triliun dari perbankan dan keuangan. Pinjaman tersebut rencananya untuk penyelesaian proyek Jalan Tol Trans Sumatera. 

Direktur  Utama Hutama karya Bintang Perbowo mengungkapkan, cairnya pinjaman itu bakal memacu semangat perseroan menggenjot penyelesaian Tol Trans-Sumatera. 

"Dengan target waktu penyelesaian yang semakin dekat. Alhamdulillah, kami mendapat dukungan pembiayaan dari perbankan," ujar dia dalam keterangannya, kemarin. 

Dia memastikan, dana tersebut akan langsung dialokasikan untuk penyelesaian tiga ruas Jalan Tol Trans-Sumatera, yaitu ruas Pekanbaru-Dumai, ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang, serta ruas Pematang Panggang-Kayu Agung. 

Setiap tol kata dia, sudah ada rincian detail sehingga pihaknya bisa menentukan anggaran yang diperlukan. 

"Untuk ruas Pekanbaru-Dumai sebesar Rp 16,8 triliun dan ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang serta ruas Pematang Panggang-Kayu Agung sebesar Rp 14,4 triliun," kata Bintang. 

Dukungan pembiayaan tersebut dikukuhkan ke dalam tiga perjanjian kredit. Pertama adalah memenuhi pembiayaan dua ruas jalan tol, yaitu ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang serta ruas Pematang Panggang-Kayu Agung dengan kreditur sindikasi perbankan dan keuangan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk, PT CIMB Niaga, Tbk, dan PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) sebesar Rp 14,4 triliun. 

Perjanjian kredit selanjutnya dilakukan PT Hutama karya (Persero) dengan PT Bank Mega Tbk untuk memenuhi pembiayaan proyek Jalan Tol Trans-Sumatera ruas Pekanbaru-Dumai sebesar Rp 12,3 triliun. 

Selain itu, proyek ini juga mendapatkan dukungan pembiayaan lain melalui skema monetisasi Jalan Tol Akses Tanjung Priok oleh PT Permata Bank Tbk, PT Bank ICBC Indonesia, dan MUFG Bank Ltd (Jakarta Branch), dan PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) dengan nilai Rp 4,5 triliun. 

Direktur Keuangan Hutama karya, Anis Anjayani menjelaskan, penandatanganan perjanjian kredit menunjukkan dukungan berbagai pihak kepada pemerintah untuk peningkatan infrastruktur nasional. 

Dukungan itu datang dari BUMN maupun swasta berskala nasional dan internasional, terhadap program pemerintah untuk percepatan pembangunan infrastruktur di Indonesia, khususnya Jalan Tol Trans-Sumatera. 

Lapangan Kerja 

Anis juga menjelaskan, keberadaan Jalan Tol Trans-Sumatera ini diharapkan bisa memberikan manfaat yang besar bagi transportasi logistik dan mobilitas masyarakat di wilayah Pulau Sumatera. 

Semakin singkatnya waktu tempuh perjalanan juga bakal membantu menurunkan biaya logistik. 

"Waktu tempuh dari Bakauheni ke Terbanggi Besar bisa mencapai 4 jam jika melalui jalan nasional. Namun, jika lewat tol hanya membutuhkan 1,5 jam saja. Begitu pula perjalanan dari Palembang ke lndralaya yang awalnya 2 jam, sekarang hanya butuh 20 menit saja lewat tol. Ini tentu akan sangat menghemat waktu mobilitas orang dan barang di sana," katanya. 

Selain itu, dengan dioperasikannya ruas-ruas Jalan Tol Trans-Sumatera nanti bisa memberikan lapangan pekerjaan bagi warga setempat sehingga tingkat penyerapan tenaga kerja di Sumatera akan bertambah. 

Dibangunnya jalan tol ini juga akan meningkatkan penerimaan negara dalam bentuk pajak dan meningkatkan daya saing produk-produk unggulan melalui rest area di sekitar jalan tol. Karena nanti rest area di ruas-ruas Jalan Tol Trans-Sumatera sebagian besar akan diperuntukkan bagi usaha kecil dan menengah (UKM) di sekitar ruas tol itu. 
 

Sumber: Rakyat Merdeka - 16 Oktober 2018

BERITA TERPOPULER
"BUMN Bersinergi" Bangun 1.300 Hunian Sementara di Lombok
"BUMN Bersinergi" telah berhasil membangun sekitar 1.300 hunian sementara (huntara) di sej...
23 Oct 2018
Tidak Ada Kebohongan dalam Divestasi Freeport
PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau Inalum menegaskan tidak ada kebohongan dalam divestasi ...
23 Oct 2018
Indonesia Akan Segera Memiliki Pabrik Ban Pesawat Pertama
PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk menggandeng BUMN asal China untuk mendirikan pabrik ban pesawat pe...
22 Oct 2018
Inalum-Freeport Segera Rampungkan Transaksi Divestasi
PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau Inalum menyatakan penentuan kursi manajemen o...
22 Oct 2018
BTN Ajak Generasi Milenial Jadi Pengusaha Properti
PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) mendorong generasi milenial untuk menjadi pengusaha...
22 Oct 2018
Strategi Garuda Indonesia Sejahterakan Karyawan
PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk beberapa waktu lalu sempat mendapat kecaman dari serikat-serikat k...
22 Oct 2018
BUMN dan UMKM dikerahkan percepat rekonstruksi Lombok
Pemerintah mengerahkan sejumlah BUMN dan berbagai usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk memp...
22 Oct 2018
AP II Gondol 3 Penghargaan pada Ajang Stevie Awards 2018
 PT Angkasa Pura II berhasil meraih tiga penghargaan pada ajang Stevie Awards 2018 yang merupak...
22 Oct 2018
BUMN Diklaim Kuasai 60 Persen Produksi Minyak Domestik
Pemerintah mengklaim telah berhasil mengalihkan hampir 60 persen produksi minyak domestik kepada PT&...
22 Oct 2018
BNI & Mandiri Gerak Cepat Bangun Hunian Sementara di Sigi
Pascagempa yang melanda sejumlah daerah di Sulawesi Tengah, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. ...
22 Oct 2018